“INDONESIA 2012″ : Pameran Filateli Dunia

Setelah sukses dalam 3 (tiga) kali penyelenggaraan Pameran Filateli Tingkat Asia-Pasifik yaitu INDOPEX 1993, JAKARTA 1995 dan JAKARTA 2008, serta 1 (satu) kali penyelenggaraan Pameran Filateli Tingkat Dunia untuk kelas Remaja 1996 (World Youth Stamp Exhibition 1996) di Bandung, maka kali ini Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pameran Filateli Tingkat Dunia dengan tajuk “INDONESIA 2012″ World Stamp Championship and Exhibition 2012.

“INDONESIA 2012″ rencananya akan dihelat pada tanggal 18-24 Juni 2012 di Jakarta Convention Center Hall (JCC). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia dan dukungan sepenuhnya oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta. INDONESIA 2012 akan diikuti oleh filatelis anggota FIP (Federation International de Philatelie) dari seluruh dunia. Kegiatan pameran ini diproyeksikan akan diikuti oleh 70 Federasi Filateli di dunia serta akan diramaikan pula oleh 100 stamp dealer dari dalam dan luar negeri. Saat ini 65 Federasi dari seluruh dunia sudah menyatakan akan turut serta.

Ke-65 federasi tersebut yaitu sebanyak 22 di antaranya berasal dari China, Jepang, dan Australia, 29 federasi dari Eropa terdiri Inggris, Perancis, dan Jerman, 11 federasi dari Amerika yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Brasil, serta 3 federasi dari Afrika yakni Afrika Selatan, Mesir, dan Kongo. Seluruh federasi peserta pameran akan menampilkan koleksinya ke dalam sekitar 2.700 frame koleksi.

Pameran yang bertema Jembatan Menuju Dunia yang Damai melalui Prangko (Bridging to The World of Peace Through Stamp) bertujuan meningkatkan persahabatan para filatelis dunia sekaligus menciptakan perdamaian dunia serta memajukan perfilatelian dalam berbagai aspek. Selain itu, juga untuk membangkitkan kehidupan perfilatelian di tanah air, ikut memajukan budaya dan pariwisata Indonesia.

Salah satu upaya dalam mendukung kegiatan tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) menerbitkan Edisi Khusus, sebanyak 14 kali penerbitan selama tahun 2011 dan 2012. Terhitung hingga tanggal 4 september 2011 PT Pos Indonesia (Persero) telah meluncurkan 4 edisi. Tema yang diusung dalam setiap penerbitan adalah kebudayaan tanah air seperti Tenun dan Batik dari 33 provinsi, warisan budaya tak benda yang telah diakui UNESCO, Shio, Flora, dan Fauna. Tema tersebut diambil dengan harapan dapat mengispirasi masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui hobi filateli.

Sumber : http://www.posindonesia.co.id

5 Balasan ke “INDONESIA 2012″ : Pameran Filateli Dunia

  1. Ping balik: PAMERAN FILATELI DUNIA AKAN DISELENGGARAKAN DI JAKARTA TANGGAL 18 JUNI-24 JUNI 2012 « indrasnotes

  2. Terima kasih sudah mampir ke blog hobifilateli.wordpress.com ya mas…ayo bersama-sama menyuarakan filateli Indonesia biar tambah dikenal oleh masyarakat luas… ;-) tengok juga blog saya jimatdigital.blogspot.com ya mas….

  3. yunie berkata:

    Pengen liat… :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s