Lingkungan Hidup tahun 1997

SHP seri Lingkungan Hidup tahun 1997

Tanggal 5 Juni adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Berbagai aktivitas dilakukan PT Pos Indonesia untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan, termasuk memperkenalkan apa yang dinamakan “Ecophila”, sebuah istilah yang berasal dari dua kata yaitu Ecology yang berarti lingkungan hidup dan Philately yang berarti hobi atau kegiatan mengumpulkan prangko dan benda filateli lainnya. Ecophila merupakan sumbangsih filateli terhadap lingkungan hidup.

Penerbitan prangko seri “Lingkungan Hidup” merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan dengan Ecophila. Prangko seri Lingkungan Hidup tahun 1997 menampilkan terumbu karang dan kehidupan bawah laut, salah satu kekayaan alam Indonesia. Sebagai kepulauan terbesar di dunia dan tersebar antara dua samudera dan dua benua, Indonesia memiliki rantai pusaka laut yang melimpah. Taman laut dapat ditemukan di berbagai tempat dari Pulau Weh di utara Sumatera, ke Pulau Seribu di Teluk Jakarta, Pulau Bunaken di Sulawesi Utara, Pulau Lombok di Nusa Tenggara sampai Pulau Biak di Irian Jaya.

Prangko seri Lingkungan Hidup tahun 1997 terdiri dari tiga denominasi yaitu Rp 150, Rp 300 dan Rp 700 dengan desain Terumbu Karang dan Kehidupan Bawah Laut.  Prangko ini berukuran 25,31 mm x 41,06 mm, dengan memiliki perforasi 13,5 x 12,75. Selain prangko, diterbitkan pula Sampul Hari Pertama dan Souvenir Sheet atau Carik Kenanga dengan desain Kehidupan Bawah Laut berdenominasi Rp 2000.

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan Hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s