Kebudayaan Indonesia tahun 1993

SHP seri Kebudayaan Indonesia tahun 1993

Indonesia mempunyai banyak aneka jenis tarian. Sebagai upaya untuk ikut serta meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya asli, khususnya tarian, maka sejak tahun 1992 Dirjen Pos dan Telekomunikasi menerbitkan prangko seri “Kebudayaan Indonesia” dengan tema tarian daerah.

Tahun 1993 tarian yang ditampilkan pada prangko seri Kebudayaan Indonesia adalah tari Gending Sriwijaya dari Sumatera Selatan, tari Tempayan dari Kalimantan Barat dan tari Tifa dari Irian Jaya, dengan denominasi berturut-turut Rp 300, Rp 700 dan Rp 1 000. Prangko berukuran 22,30 mm x 38,60 mm dengan perforasi 13,5 x 12,75. Selain itu juga diterbitkan carik kenangan bergambar tari Tifa dan sampul hari pertama.

Tari Gending Sriwijaya dari Sumatera SelatanTari Gending Sriwijaya melukiskan kegembiraan gadis-gadis Palembang saat menerima tamu yang diagungkan. Tepak yang berisi kapur, sirih, pinang, dan ramuan lainnya dipersembahkan sebagai ungkapan rasa bahagia. Tarian ini diiringi gamelan dan lagu yang berjudul sama, juga merupakan sebuah ungkapan terhadap indahnya kehidupan keraton.

Tari Tempayan dari Kalimantan Barat

Tari Tempayan, disebut demikian karena sebuah tempayan digunakan sebagai alat menari. Tempayan merupakan sebuah kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat, berbentuk seperti guci dengan bagian perut yang besar dan mengecil di bagian mulutnya. Orang Dayak menggunakan tempayan sebagai tempat khusus menyimpan tulang belulang nenek moyang. Mereka juga percaya bahwa tempayan juga berdewa bernama Lalang Arang Halamuang Ampit Nyabu.

SS Tari Tifa dari Irian JayaTTari Tifa dari Irian Jayaari Tifa berkisah tentang kemunculan orang suci pascabanjir besar yang membawa dua benda yaitu tifa dan buku kehidupan. Tari Tifa biasa dibawakan saat upacara adat anak lelaki menjelang dewasa, potong rambut, atau pemasangan anting pada perempuan suku Wondamen.

Pos ini dipublikasikan di Kebudayaan Indonesia dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Kebudayaan Indonesia tahun 1993

  1. insan berkata:

    ok ka.insya Allah ntar dikirim….

  2. insan berkata:

    nah ada tari dari daerah saya.hehehe…dah lama tak cari….

    keren kak….tambahin perangko tema flora n fauna indonesia kak….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s