Prangko Penerbitan Bersama Indonesia – Australia

Prangko Seri JIS tahun 1996 Indonesia - AustraliaKerja sama bilateral antara dua negara dapat dilakukan diberbagai bidang, salah satunya di bidang Pos dan Telekomunikasi. Bentuk kerja sama tersebut dapat dilakukan dengan menerbitkan prangko bersama di kedua negara (Joint Issue Stamp). Pada tahun 1996, Republik Indonesia dan Persemakmuran Austarlia telah sepakat untuk menerbitkan prangko bersama. Dua hewan berkantung yaitu Kuskus Beruang (Ailurops ursinus) yang merupakan satwa endemik dari Pulau Sulawesi – Indonesia dan Kuskus Totol (Spilocuscus maculatus) dari Semenanjung Cape York – Australia, menjadi desain dalam prangko Seri JIS Indonesia – Australia. Melengkapi penerbitan prangko tersebut, PT Pos Indonesia menerbitkan Sampul Hari Pertama, Souvenir Sheet dan Maximum Cards.

Souvenir Sheet JIS tahun 1996 Australia - IndonesiaSouvenir Sheet JIS tahun 1996 Indonesia - AustraliaKuskus terdapat di hutan-hutan Irian Jaya, Papua Nugini, Maluku, Sulawesi dan Timor. Kenyataan bahwa kuskus binatang berkantung lainnya terdapat di bagian timur Indonesia membuktikan bahwa pulau-pulau tersebut semula bersatu dengan daratan Australia. Meskipun Australia dikenal sangat kaya dengan binatang berkantung, namun ternyata negara benua tersebut hanya memiliki dua macam kuskus. Sebaliknya di Irian Jaya dan Papua Nugini menyimpan tidak kurang dari 18 macam kuskus, di Maluku terdapat 3 macam, di Sulawesi 2 macam dan di Timor 1 macam.

Kebanyakan kuskus tertutup oleh bulu-bulu yang kasar, namun ada pula yang memiliki bulu-bulu halus. Cakarnya kuat, yang bermanfaat untuk memanjat pohon, mengupas kulit kayu untuk mendapatkan serangga dan binatang kecil yang akan dimangsanya, atau untuk memecahkan buah-buahan kesukaannya. Separuh bagian bawah ekornya gundul dan bergelung, sehingga memungkinkannya berpegangan pada dahan ketika bergerak di waktu malam. Kuskus betina memelihara anaknya yang masih embrional dalam kantung yang dilengkapi dengan kelenjar susu.

Maximum Card JIS tahun 1996 Indonesia-Australia (Kuskus Beruang)Kuskus Beruang (Ailurops ursinus) dari Indonesia terdapat di Sulawesi dan pulau-pulau sekitarnya. Hewan ini dinyatakan sebagai kuskus yang paling primitif. Ukuran tubuhnya hampir sebesar anjing dan tertutup bulu-bulu agak kasar berwarna hitam dengan ujung-ujung berwarna kuning. Daun telinganya kecil dan sebagian tertutup bulu. Terdapat 5 macam Kuskus Beruang yang tersebar di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Pulau Talaud, Pulau Malenge-Togian dan Pulau Peleng. Penduduk setempat menyebutnya bubutu, kokon atau memo.

Maximum Card JIS tahun Indonesia-Australia (Kuskus Totol)Kuskus Totol (Spilocuscus maculatus) berasal dari hutan-hutan tropik Semenanjung Cape York, Australia. Binatang yang sempat salah diidentifikasikan sebagai kera ini terdapat di dataran rendah hingga puncak pegunungan Mcllwraith. Kuskus Totol berbulu putih atau krem dengan bercak-bercak berwarna coklat atau hitam.

Sampul Hari Pertama (SHP)

SHP yang diterbitkan Indonesia sehubungan dengan penerbitan prangko bersama Indonesia – Australia, dihiasi dengan gambar Kanguru Pohon hasil temuan baru. Binatang berkantung yang cantik ini ditemukan dan kemudian berhasil ditangkap oleh Dr. Timothy Flannery dari Australian Museum, Sydney – Australia dan Drs. Boedi dari Museum Zoologicum Bogoriense, Bogor – Indonesia yang secara bersama-sama memimpin tim riset untuk mengumpulkan data tentang binatang bertulang belakang di Tembaga Pura, Irian Jaya. Kanguru Pohon berbulu hitam tersebut oleh penduduk setempat (suku Moni) disebut mbaiso yang berarti binatang suci atau binatang yang dilindungi. Untuk mengenang jasa para penemunya, mbaiso telah didaftarkan dengan nama ilmiah Dendrolagus mbaiso Flannery & Boedi.SHP JIS tahun 1996 Indonesia - Australia (Kanguru Pohon)

Pos ini dipublikasikan di Joint Issue Stamps (Penerbitan Bersama) dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s