Lingkungan Hidup tahun 2001

SS seri Peduli Lingkungan Hidup Tahun 2001Tuhan menciptakan alam raya di bumi ini dengan penuh keseimbangan. Keseimbangan alam tertata dari unsur-unsur lingkungan hidup yang merupakan satu kesatuan dan saling mempengaruhi dalam membentuk sebuah ekosistem. Manusia sebagai salah satu unsur penting tersebut, berpengaruh besar dalam mengelola keseimbangan alam sehingga pelestarian fungsi lingkungan hidup akan selalu terjaga dan kehidupan manusia juga dapat terlindungi. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan setiap tanggal 5 Juni, maka pada peringatan tahun 2001 tema yang diangkat adalah “Padukan Kerjasama untuk Selamatkan Kehidupan”. Dengan tema tersebut berarti perlu adanya harmonisasi hubungan di antara makhluk hidup untuk tujuan kelestarian alam.

SHP seri Peduli Lingkungan Hidup tahun 2001Setiap orang mempunyai hak yang sama atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Namun setiap orang juga mempunyai kewajiban yang sama untuk memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup, serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup. Akrab dengan lingkungan merupakan tahapan awal yang paling sederhana untuk mulai mengenal dan memahami makna keselarasan alam. Jika seseorang telah akrab dengan lingkungan, maka terwujudnya individu yang memiliki sikap dan tindak melindungi serta membina lingkungan dapat tercapai.

SHP SS (1) seri Peduli Lingkungan Hidup tahun 2001Sasaran pengelolaan lingkungan hidup adalah tercapainya keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara manusia dengan lingkungan. Upaya terpadu yang perlu dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup tersebut meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan dan pengendalian lingkungan hidup. Penerbitan prangko seri “Peduli Lingkungan Hidup” tahun 2001 merupakan hasil kerjasama antara Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Departemen Kelautan dan Perikanan yang sama-sama berperan dalam pengelolaan pelestarian lingkungan hidup. Melalui penerbitan prangko tersebut, masyarakat diajak untuk memahami dan  diingatkan kembali akan pentingnya pelestarian fungsi lingkungan hidup dengan melakukan tindakan-tindakan nyata meskipun dalam bentuk-bentuk yang paling sederhana.

SHP SS (2) seri Peduli Lingkungan Hidup tahun 2001

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan Hidup dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s