Prangko Seri WWF tahun 2000 – Komodo

Full Sheet WWF Komodo

World Wild Fund For Nature (WWF) merupakan salah satu organisasi konservasi alam independen yang terbesar di dunia. Lembaga ini didirikan tahun 1961 dan berpusat di Gland, Swiss. Indonesia menerbitkan prangko WWF untuk yang ketiga kalinya, setelah pada tahun 1989 diterbitk an prangko WWF dengan menampilkan satwa orang utan (Pongo pygmaeus), berikutnya tahun 1996 menampilkan satwa Badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) dan Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis). Tahun 2000 ini, tepatnya tanggal 13 Agustus 2000, Indonesia kembali bekerja sama dengan WWF menderbitkan prangko seri “Koleksi Konservasi WWF 2000” dengan menampilkan satwa Komodo (Varanus komodoensis) yang dikenal sebagai jenis kadal raksasa di dunia.

SHP WWF seri Komodo

Komodo memiliki panjang antara 1,8 – 2,1 m dengan bobot bervariasi tergantung kapan waktu terakhir makan, tetapi diketahui dapat mencapai bobot hingga 250 kg. Sebagaimana umumnya binatang pemangsa, Komodo memiliki pendengaran yang baik dan penciuman yang sangat tajam. Saat ini populasinya sekitar 3.000 ekor dan hanya terdapat di Pulau Komodo dan pulau-pulau sekitarnya yang terletak di Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Komodo merupakan salah satu binatang terlangka di dunia dan termasuk binatang yang dilindungi.

SHP SS WWF seri Komodo

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya perlindungan melalui pendirian marga satwa di Pulau Rinca, Pulau Padar dan Wai Wuul, Flores Barat, pendirian Pulau Komodo sebagai Taman Nasional Komodo, serta keikut-sertaan Indonesia dalam Konvensi Perdagangan Internasional tentang Satwa yang Terancam. Penerbitan seri prangko ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya perlindungan dan pelestarian binatang Komodo.

Pos ini dipublikasikan di WWF dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s