Lingkungan Hidup tahun 2006

SHP Lingkungan Hidup tahun 2006

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (The World Environment Day, WED) ditetapkan melalui Sidang Umum PBB tahun 1972. PBB menggunakan WED untuk meningkatkan kepedulian akan lingkungan dan mendorong perhatian politis serta peran masyarakat. Di tingkat internasional, tema yang ditetapkan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2006 adalah “Desert and Desertification” dengan slogan “Don’t Desert Drylands”. Slogan tersebut menekankan pentingnya perlindungan atas tanah kering yang mencakup 40% dari permukaan planet ini. Di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup menetapkan tema “Cegah Bencana Lingkungan”. Tema ini diangkat karena sering terjadi bencana alam di berbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar bencana alam itu terjadi karena rusaknya ekosistem akibat ulah manusia itu sendiri.

SS Lingkungan Hidup tahun 2006

Desert atau padang pasir merupakan bentuk lanskap atau wilayah yang menerima sedikit curah hujan. Secara umum padang pasir didefinisikan sebagai area yang menerima curah hujan kurang dari 250 mm (10 inci) per tahun. Padang pasir yang menutupi seperlima permukaan bumi dikenal sangat sedikit menopang bentuk kehidupan, terutama dibandingkan dengan area yang lebih basah. Namun padang pasir juga kerap kali memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, termasuk binatang yang bersembunyi selama terik hari panas untuk mempertahankan kelembaban. Padang pasir terkadang juga mengandung deposit mineral yang berharga yang terbentuk dalam lingkungan yang panas dan kering atau terkuak karena erosi. Dengan kekeringannya, padang pasir merupakan tempat yang ideal untuk menjaga artefak dan fosil manusia.

Desertifikasi merupakan degradasi dari tanah kering yang disebabkan beberapa faktor termasuk perubahan iklim dan aktivitas manusia. Seringkali desertifikasi modern timbul karena kebutuhan dari meningkatnya penghuni kawasan untuk menjadikannya ladang bercocok tanam dan menggembalakan ternak.

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan Hidup dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s