Lingkungan Hidup tahun 2009

SHP Hari Lingkungan Hidup tahun 2009Ditetapkan dalam Sidang Umum PBB tahun 1972 untuk menandai pembukaan Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm, Hari Lingkungan Hidup se-Dunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni. Hari Lingkungan Hidup se-Dunia merupakan instrumen penting yang digunakan PBB untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan dan mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Sebagai milik seluruh masyarakat, hari peringatan ini memberi kesempatan kepada semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan serta gaya hidup yang ramah lingkungan.

SHP SS Hari Lingkungan Hidup tahun 2009Dengan tema yang disadur menjadi “Bersama Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim”, peringatan Hari Lingkungan Hidup di tingkat global dipusatkan di Mexico City. Mexico terpilih menjadi tuan rumah sebagai penghargaan atas peranannya yang makin meningkat dalam memerangi perubahan iklim serta partisipasinya dalam pasar bahan bakar. Negara ini juga memberikan komitmen sebesar 25% dari seluruh pohon yang ditanam dalam rangka program Kampanye Sejuta Pohon dari UNEP.

SS Hari Lingkungan Hidup tahun 2009Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia pada tahun 2009 juga ditandai dengan prakarsa “Kesepakatan Baru Hijau” sebagai solusi terhadap merosotnya keuangan dunia serta pemanasan global dengan merangsang peningkatan investasi untuk sumber energi yang dapat diperbarui, infrastruktur ekosistem serta proses produksi yang hemat energi. Kesepakatan ini diyakini tidak hanya akan menciptakan lapangan kerja baru serta menjalin proses pemulihan, namun sekaligus akan membantu pemecahan masalah pemanasan global. Investasi dalam paket stimulus ekonomi hijau baru yang substansial akan dapat merubah krisis hari ini menjadi pertumbuhan yang berkelanjutan di masa mendatang.

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan Hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s