Lindungi Kawasan Kutub dan Gletser

SHP SS Lindungi Kawasan Kutub dan GletserPerlindungan terhadap kawasan kutub dan gletser kini menjadi perhatian global. Dampak pemanasan global di kawasan ini akan meluas ke seluruh penjuru dunia. Hal ini akan mengakibatkan perubahan iklim global, tingkat permukaan laut, keragaman hayati serta berbagai aspek kehidupan sosial dan ekonomi. Pemanasan wilayah kutub serta mencairnya gletser memerlukan perhatian segera dari para pengambil keputusan dan masyarakat dunia.

SS Lindungi Kawasan Kutub dan GletserKawasan kutub adalah wilayah yang terletak pada posisi paling ujung dalam peta dunia, yaitu Arctic di sebelah utara dan Antartic di selatan. Disebut sebagai wilayah yang rawan, kedua wilayah ini ditandai oleh temperatur yang sangat rendah, musim dingin yang panjang dengan sinar matahari yang sedikit, serta musim panas yang pendek dengan siang hari yang panjang. Salju menutup hampir seluruh kawasan ini serta lapisan es menyelimuti benua Antartic dan Greenland di Arctic. Sebagian besar wilayah lautnya juga tertutup es sepanjang waktu. Saat ini lautan es kutub semakin berkurang akibat pemanasan global. Wilayah ini menerima radiasi sinar matahari yang kurang intensif karena jatuh dengan sudut yang miring serta melewati jarak atmosfer bumi yang panjang sehingga terjadi penyerapan dan pemantulan. Di beberapa tempat, bahkan suhu selalu berada di bawah nol pada musim panas. Temperatur terendah yang tercatat adalah -126 °F di Antartic dan -58 °F di Arctic. Karakteristik lain di wilayah ini adalah pada musim dingin lebih gelap sedangkan pada musim panas sangat terang.

Gletser adalah bongkahan es yang bergerak secara perlahan dan terbentuk dari lapisansalju yang berubah bentuk dan mengalir akibat gravitasi dan tekanan yang tinggi. Setelah lautan, gletser adalah sumber air bersih yang terbesar kedua di bumi. Gletser menutup sebagian besar wilayah kutub dan bisa ditemuka di wilayah pegunungan di setiap benua. Gletser bisa dipakai untuk memantau kondisi iklim serta variasi tingkat ketinggian permukaan air laut.

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan Hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s