“Phila dan Tely” : Maskot Filateli Indonesia

Kini filateli Indonesia memiliki maskot, yaitu sepasang anak (laki-laki dan perempuan) yang diberi nama Mr. Phila dan Miss Tely. Kedua maskot ini diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran prangko seri Naga yang dikeluarkan untuk menyambut perayaan tahun baru China.

Ada yang melatarbelakangi kenapa maskot filateli Indonesia mengambil tema dua anak, yaitu anak laki-laki dan perempuan sebagai Phila dan Tely. Direktur Utama PT Pos Indonesia, I Ketut Mardjana mengatakan, nama maskot filateli tersebut jika kedua namanya disatukan akan membentuk satu kata Philately. Ia menambahkan, pemilihan maskot dengan representasi anak muda dimaksudkan untuk mendekatkan filateli kepada generasi muda sehingga diharapkan dapat lebih menarik minat calon filatelis terutama dari kalangan generasi muda.

Maskot filateli ini dibuat dengan memperhatikan beberapa unsur, yaitu kedekatan (closeness), gembira (fun), serta mudah untuk dikenali (recognizable). Filateli sendiri yang merupakan hobi mengoleksi benda pos seperti prangko, sampul hari pertama, sampul peringatan, kartu pos, cap pos, dan berbagai benda pos lainnya, dapat melibatkan seluruh anggota keluarga, dari anak-anak sampai dewasa. PT Pos Indonesia  memiliki harapan, dengan mengenalkan maskot Mr. Phila dan Miss Tely kepada keluarga, banyak generasi muda dan anak-anak lebih mengenal filateli sebagai hobi yang murah, mudah dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s