Berapa lama masa jual dan masa laku prangko di Indonesia?

Prangko-prangko yang diterbitkan di Indonesia ternyata memiliki perbedaan masa jual dan masa laku. Masa jual prangko adalah rentang waktu dimana sebuah prangko diperjual-belikan oleh pemerintah, sedangkan masa laku prangko adalah rentang waktu dimana prangko tersebut masih bisa dipergunakan untuk keperluan perposan. Saat ini, masa jual prangko di Indonesia adalah selama tahun penerbitan dari prangko tersebut ditambah satu tahun berikutnya, setelah itu pemerintah akan menghentikan penjualannya. Namun untuk memenuhi kepentingan para filatelis, pemerintah masih mengizinkan para dealer dan agen-agen filateli untuk menjual prangko-prangko yang telah habis masa jualnya. Sementara masa laku prangko adalah selama tahun dari penerbitan prangko tersebut ditambah tiga tahun berikutnya. Contoh : prangko seri Shio Naga yang diterbitkan pada tahun 2012. Prangko tersebut memiliki masa jual sampai tahun 2013 dan masa laku sampai tahun 2015.

5 Balasan ke Berapa lama masa jual dan masa laku prangko di Indonesia?

  1. cumakatakata berkata:

    ini masih berlaku Mas ?

  2. Abdullah Jack berkata:

    Revisi komentar: setelah saya analisa kembali, saya revisi komentar saya: Masa jual sampai dengan AKHIR tahun 2013, masa laku adalah selama masa jual berlanjut sampai dengan AKHIR tahun 2015. Terima kasih.

  3. Abdullah Jack berkata:

    Melihat masa laku prangko adalah selama tahun dari penerbitan prangko tersebut ditambah tiga tahun berikutnya, dengan contoh: prangko seri shio Naga yang diterbitkan pada tahun 2012, prangko tersebut memiliki masa jual sampai tahun 2013 dan masa laku sampai tahun 2015. Pendapat saya yang benar adalah MASA JUAL SAMPAI DENGAN AKHIR TAHUN 2012, MASA LAKU ADALAH SELAMA MASA JUAL BERLANJUT SAMPAI DENGAN AKHIR TAHUN 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s